02 February 2006

. jadwal makanan bayi 6 bln

CyberWOMAN : Child Consultation: "

Tuesday, 22 Nov 2005
leah --- new york
dokter, tolong dong saya diberitahu jadwal makanan buat putra saya umur 6 1/2 bln. skr saya mencoba memberikan nasi tim saring. saya ingin tahu jadwal pemberian makanan bayi (bubur susu+ nasi tim saring+ susu formula+ buah+ jus buah). berapa kali sehari nasi tim saring diberikan? susu formula berapa kali dan berapa banyak maksimum pemberian dalam sehari? kalau saya sudah memberikan buah saring, apakah saya juga perlu memberikan jus buah?? terima kasih banyak dokter....


Jawaban:
Dear leah.

Sebelumnya saya minta maaf emailnya baru kebuka sekarang. Terimakasih ya atas email dan pertanyaanmu.

Wah anaknya pasti sudah besar sekarang. Usia 6 bulan ASI saja tidak mencukupi, jadi saat ini bayimu memang sudah butuh makanan tambahan alias makanan pendamping ASI (MPASI. Tentunya dengan catatan di kepala kita bahwa sampai usia 1 tahun .. makanan utamanya tetap ASI .. artinya ... MPASInya hanya sebagai tambahan, pemberian MPASI juga merupakan metoda belajar bagi anak ...belajar apa? pertama, belajar mengulum, menelan makanan yang agak padat dan kental. Kedua ... mengunyah ketika ia sudah berusia 9 bulan dimana MPASInya mulai agak kasar. Keempat .. belajar mengenal berbagai rasa buah, sayur mayur, daging, ikan, ayam, telur (kuningnya dulu ya, putihnya nanti di atas usia 9 bulan), keju, yogurt; kentang, nasi (tim atau bubur), havermouth, jagung, ubi merah, labu kuning.

Mulailah dengan mempergunakan bahan dasar beras/tepung beras

Mulailah dari konsistensi yang agak encer dan bertahap semakin padat

Mulailah dalam jumlah sangat sedikit 1-2 sendok dan bertahap porsinya ditambah

Nah sebenarnya, makan kan tak harus nasi tim dan tak harus bubur susu ... berikan makanan bervariasi sehingga anak bersemangat ketika ia melihat piring makannya .. anakmu akan penasaran .. hmmm apa yang dimasak ibu untukku kali ini?

Dengan demikian, Lea juga mengajar anakmu untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tidak milih-milih makannya.

Di lain pihak, ibu juga belajar dan menjadi kreatif .,. bagaimana menyusun menu sehat yang mudah dan murah ... dengan mempergunakan bahanp-bahan lokal, dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia

Saya akan coba memberikan contoh jadwal makanannya.

Bangun tidur: ASI atau susu formula 125 cc.

Sarapan pagi: bubur tepung beras/bubur maizena ... dan kalau sudah di atas 7 bulan bisa havermouth, roti campur susu, ubi kuning atau labu kuning kukus haluskan dan ditambah dengan susu (bisa campur keju parut setelah anakmu berusia 9 bulan)

ASI atau susu formula dan Cemilan pagi (air buah, yogurt bila sudah berusia 9 bulan)

Makan siang:

Bisa nasi tim saring dengan sayuran dan kaldu sebagai supnya bayi, (nasi tim: 1-2 sdm daging cincang, 3-5 sdm sayur (wortel atau brokoli, atau labu siam atau buncis. Kukusnya sekaligus tetapi di wadah berbeda lalu haluskan dan taruh di tempat berbeda sehingga rasanya enak dan jelas ... bukan campur aduk semua dijadikan satu dan dihaluskan jadi satu (anak tidak diperkenalkan pada rasa sesungguhnya, rasa sayur, rasa nasi dengan protein nya dst dst) atau buatkan brokoli tumis halus dengan keju parut dan sedikit ASI dicampurkan (setelah matang)

Atau ...

Buah yang padat misalnya, alpukat dengan susu, mangga dihaluskan campur susu atau ASI atau yogurt kalau sudah 9 bulan

Selingan sore: ASI/susu formula, buah halus kalau makan siangnya bukan buah dengan yogurt misalnya

Makan malam: kentrang pure atau nasi tim halus atau makaroni kalau siang bukan nasi tim/karbohidrat lainnya (sebaiknya selesai makan sedikitnya 1 jam sebelum berangkat tidur malam)

Sebelum tidur: ASI/susu formula

Nah itu contoh komposisi makanannya.

Untuk menunya ibu bisa menyesuaikan sendiri.

Tidak perlu perasa tambahan. Kamu bisa mempergunakan bumbu alami seperti daun salam, bawang bombay, jeruk nipis, bawangf daun, lengkuas, kunci dst dst

Oh ya memperjelas alergi pada makanan tersebut atau tidak, sekaligus memberikan kesempatan anak untuk mengenali rasa makanan tersebut. Misalnya jika daging yang kita ingin berikan adalah daging sapi dicoba dulu selama 3 hari, baru kita ganti dengan ikan, dan selanjutnya tak lupa diperhatikan reaksi yang ditimbulkan setelah pemberian makanan tersebut. Apakah anak mencret-mencret, muntah muntah atau gatal-gatal, kemerahan.

Untuk buah .. lebih dianjurkan buahnya ketimbang air jusnya. Jus dilatih diberikan dengan gelas bercorong (sippy cups), jangan dari botol susu, karena akan membuat anak bingung dengan susu formula yang diberikan juga melalui botol, selain itu bila anak ibu sudah mulai tumbuh gigi pemeberian melalui botol dapat merusak gigi. Usia 1 tahun idealnya anak tidak minum dari botol (kalau anak tidak ASI)

Nah selamat berkreasi dan berasyik masyuk di dunia makanan bersama anakmu. peluk cium untuk anakmu ya

wati

No comments: